Awal Mula Terbentuknya Liga Champions UEFA

Liga Champions UEFA yakni persaingan sepak bola antar-club di Eropa, dipertunjukkan tiap tahun oleh European Football Union (UEFA), selanjutnya club kampiun Eropa. Persaingan ini yaitu satu diantara kejuaraan paling berpamor di dunia serta paling berpamor dari Club Sepak Bola Eropa, dituruti oleh Liga Nasional Champions (serta runner-up di sejumlah negara) cuman oleh persekutuan nasional anggota UEFA. Liga Champions UEFA paling akhir yakni acara yang teramat banyak dilihat di dunia tiap tahun. Penutupan musim 2012-13 yakni yang teramat banyak dilihat, capai 360 juta pirsawan tv. Semenjak 2015, Liga Champions UEFA sudah diselenggarakan dalam hari Sabtu pertama bulan Juni buat beberapa tahun ganjil serta dalam hari Sabtu paling akhir bulan Mei.

Riwayat Liga Champions UEFA

Awal Mula Terbentuknya Liga Champions UEFAKejuaraan ini pertamanya mulai oleh majalah olahraga Prancis. Piala itu berwujud piala “Tahun-Tahun Besar”, serta piala pertama berlainan dari yang saat ini (Stadelman) tantang. Piala edisi keenam yang siap ini hari. Mulanya Kejuaraan digelar buat mempertandingkan European Champions Tim Cup yang kerap disebut yaitu European Cup (dipersingkat European Cup serta berlainan dengan European Cup karena Indonesia saat ini dikatakan European Championship). Kejuaraan mulai di 1955/56. Dengan mengaplikasikan skema knockout dua kaki, di mana masing-masing club mainkan dua laga, satu laga jarak jauh serta satu laga di kandang, serta club dengan score umumnya paling tinggi, mereka maju ke sesi selanjutnya. Cuman club juara dari tiap-tiap negara, tergolong juara sekarang ini, yang bisa berkompetisi.

Pola baru

Pola serta nama diganti waktu 1992/93. Semenjak itu, Kejuaraan sudah jalani tiga sesi penyisihan, persaingan penyisihan group (club main dalam pola “jauh dari rumah” selaku persaingan reguler), dan selanjutnya empat final skema luruh. Semuanya sesi penyisihan serta laga skema luruh bakal dimainkan dalam dua leg, terkecuali laga pribadi paling akhir yang bakal diselenggarakan di area yang dipastikan UEFA.

Mayoritas pemilik gelar Real Madrid sudah memenangi persaingan ini sekitar tiga belas kali serta adalah yang paling besar di semuanya Eropa. Sesudah itu AC Milan (juara 7 kali), Liverpool FC serta FC Bayern Munich (6 kali juara), FC Barcelona (5 kali juara), AFC Ajax (4 kali juara) serta Manchester United FC di FC. Internazionale Milano (3 menang).

Tersebut yang terjadi di Liga Champions

Teristimewa buat club yang pernah memenangi Liga Champions 5 kali beruntun atau 3x beruntun, lengan kiri yakni Liga Champions Lambe serta tercatat nomor piala yang terkumpul di atasnya. Seperti Ajax, umpamanya, karena di tahun 1971, 1972 serta 1973 si juara punya Liga Champions pada lengan kiri mereka serta jumlah piala yang dimenangi. Akan halnya klub-klub yang membawa simbol juara yakni: Real Madrid (juara 13 kali), AC Milan (juara 7 kali), Liverpool (juara 6 kali), FC Barcelona (juara 5 kali), Bayern Munich (juara 74, 75 serta 76) Serta Ajax (71, 72 serta 73 pemenang)

Di dalam 19 asons paling akhir, cuman satu club yang sukses membela gelar Liga Champions (pola serta namanya masih Piala Champions waktu itu) serta AC Milan masih yang jadi club mimpi waktu itu. Sehabis berpindah pola jadi Liga Champions, juara Liga Italia Juventus sukses membela Real Madrid di Liga Champions edisi 2016-2017 sehabis menaklukkan 4: 1. Milan serta Juventus yakni club yang memenangi 15 laga paling akhir dalam 3 masa beruntun. Milan (1993, 1994 (juara), 1995) serta Juventus (1996 (juara), 1997 serta 1998).